Pernah dengar sebuah pekerjaan dengan istilah digital marketing? Atau bahkan kamu penasaran berapa gaji digital marketing wilayah DKI, Banten, Jawa? Jawabannya, ada pada artikel yang kami bagikan kali ini, dan kamu harus memastikan untuk menyimaknya hingga benar-benar selesai.
Dimana pekerjaan sebagai digital marketing ini, umumnya dibagi dalam dua macam yakni agency dan corporate. Dimana agency ditengarai lebih sejahtera karena tidak tergantung dengan kapasitas perusahaan dan juga sistem yang ada didalamnya telah distandarkan.
Berbeda dengan corporate yang lebih cenderung mengikuti pangkat dan golongan pada perusahaan tempat bekerja. Nah, untuk pembahasan lebih lanjut tentang gaji digital marketing wilayah DKI, Banten, Jawa, silahkan kamu tuntaskan bacaan dalam artikel yang kami bagikan kali ini.
Pengertian Tentang Pekerjaan Digital Marketing
Digital marketing sendiri didefinisikan oleh beberapa penjelasan dari anggapan yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa digital marketing ini merupakan pemasaran dengan perangkat seluler, search engine, media sosial, internet, dan sebagainya untuk mendapatkan konsumen yang banyak.
Ada juga yang berpendapat bahwa digital marketing itu merupakan bentuk pemasaran yang berlangsung online dan diakses menggunakan elektronik device atau internet. Dengan tujuan untuk mengkoneksikan antara bisnis dengan potensial para konsumennya.
Sementara yang dimaksud dengan gaji digital marketing wilayah DKI, Banten, Jawa, adalah jumlah atau akumulasi upah yang didapat saat mengerjakannya. Artinya digital marketing ini akan mendapatkan upah atau gaji sesuai dengan tempat dia bekerja dengan akumulasi yang berbeda.
Pahami! Apa Itu Online Marketing dan Digital Marketing?
Selain mempelajari berapa besaran gaji digital marketing wilayah DKI, Banten, Jawa, kamu juga bisa membedakan antara digital marketing dan online marketing. Dimana ada perbedaan yang signifikan, dan bisa kamu jadikan referensi yang bagus untuk informasi kedepan.
Digital marketing sendiri merupakan penggunaan perangkat digital yang dipakai secara offline atau online. Atau bisa juga dikatakan bahwa digital marketing ini merupakan hal yang tidak terbatas pada penggunaan jaringan internet saja.
Sementara online marketing, merupakan bagian dari digital marketing, yang mencakup beberapa hal lainnya. Namun, untuk online marketing sendiri memang harus menggunakan jaringan internet, atau bisa dikatakan juga bahwa online marketing ini pemasaran menggunakan jaringan internet.
Kenali, Beberapa Macam Digital Marketing!
Pengertian tentang jenis digital marketing juga perlu kamu ketahui secara menyeluruh, supaya kamu lebih mudah memahami apa perangkat digital yang kompatibel. Umumnya pembagian jenis digital marketing ini dipisahkan menjadi tiga macan yang utama.
Seperti penjelasan berikut!
-
Owned
Merupakan cakupan pada semua jenis platform serta aset di bawah kontrol bisnis dalam pemasarannya. Atau bisa juga dikatakan bahwa semua jenis marketing bisa dikelola langsung oleh kamu sebagai owned digital marketing tersebut.
Beberapa contoh pengelolaan owned digital marketing ini seperti “Website, Mobile Application, Media Sosial, Email Marketing, Blog, Brosur Online, dan Ebook”. Sementara beberapa kelebihannya adalah kamu bisa optimasi dalam kontrol penuh dan pengelolaan dalam waktu yang lama dan konsisten.
-
Earned
Earned digital marketing bisa dibilang sebagai tolak belakang dari owned digital marketing atau merupakan kebalikannya. Dimana kamu tidak bisa mengelola kontrolnya secara menyeluruh dan merupakan ulasan dari interaksi antara user atau konsumen dan liputan media.
Sebagian pengguna juga kerap menyamakan earner digital marketing ini dengan Word of Mouth atau WoM marketing yang sangat berpengaruh terhadap penilaian produk atau bisnis atau merek milik kamu untuk kedepannya.
Beberapa contoh dari earned digital marketing ini seperti liputan media, online reviews dan ratings, share dari konten media sosial, kontribusi artikel blog ke website lain. Dimana kelebihan earned digital marketing ini adalah berpengaruh kuat mengajak konsumen yang baru, dan layanan gratis.
-
Paid
Terakhir ada paid digital marketing yang memerlukan biaya untuk membayar saat kamu ingin memakainya. Hal ini mencakup beberapa jenis penggunaan seperti Ads manager atau Instagram dan Facebook, Google Ads, Twitter Ads, LinkedIn Ads, dan TikTok Ads.
Dimana ada beberapa kelebihan dari paid digital marketing ini adalah kamu bisa mendapatkan jangkauan yang terukur secara cepat. Serta kamu bisa membantu perkembangan dari digital marketing channel.
Jenis Spesialisasi Digital Marketing Perusahaan
Nah, sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang gaji digital marketing wilayah DKI, Banten, Jawa, kamu juga perlu tahu beberapa jenis specialist digital marketing di perusahaan. Ini akan bagus untuk kamu jadikan sebagai referensi apabila berminat menjadi seorang digital marketing tersebut.
Umumnya kualifikasi specialist digital marketing ini dibutuhkan sesuai dengan keahlian dan ini akan berbeda-beda tergantung pada perusahaan tempat kamu bekerja. Selain itu, jumlah digital marketing ini juga bergantung pada banyaknya karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut.
Sementara untuk pekerja atau karyawan yang lebih banyak dalam satu perusahaan, maka umumnya akan membutuhkan lebih banyak pula digital marketing tersebut. Lalu apa saja klasifikasi dari digital marketing sesuai dengan bagian umum? Coba lihat penjelasannya berikut!
- SEO Specialist
Pertama ada posisi SEO Specialist yang umumnya bekerja berhubungan dengan konten marketing untuk penawaran serta strategi peningkatan performa artikel. Ini umumnya memperbaiki kualitas dari konten marketing pada mesin pencari Google untuk mendatangkan traffic ke homepage perusahaan.
- Social Media Specialist
Klasifikasi selanjutnya ada yang disebut dengan istilah Social Media Specialist, dimana profesi ini bertanggung jawab penuh untuk pengelolaan sosmed perusahaan. Ini bertujuan untuk peningkatan brand awareness, lalu edukasi user atau konsumen, serta peningkatan posisi sales.
- Content Marketing
Content Marketing akan memiliki KPI berbentuk jumlah traffic untuk website berkualitas pada Google. Dimana pekerjaan ini akan berhubungan dengan SEO Specialist guna menyepakati rekomendasi keyword atau teknis SEO atau berhubungan dengan pencarian topik paling berkualitas.
- Digital Marketing Specialist
Digital Marketing Specialist juga memiliki posisi yang tak kalah penting, dimana posisi ini berhubungan dengan semua bagian marketing dengan pengaruh yang menyeluruh. Khususnya untuk pembuatan strategi konten pada setiap paid digital marketing sampai evaluasi dan performa konten.
- Marketing Analyst
Fungsi dari Marketing Analyst adalah untuk menjelaskan analisa pada perangkat lunak atau teknologi perhitungan. Dimana ini akan berguna untuk menggambarkan consumer behavior atau user yang terjadi. Artinya posisi ini khusus untuk menganalisa hasil marketing kampanye yang dijalankan.
Cara Menghitung Gaji Digital Marketing Wilayah DKI, Banten!
Sampai pada paragraf ini, kita akan mencoba untuk mengkalkulasikan atau menghitung berapa gaji digital marketing wilayah DKI, Banten. Dimana ini bisa kamu jadikan sebagai patokan secara menyeluruh untuk jumlah upah yang diterima jika bekerja dengan profesi terkait.
Perlu juga kamu ketahui, bahwa beberapa sumber menyebutkan pekerjaan sebagai seorang digital marketing ini, memiliki penawaran gaji yang tinggi. Karena memang tidak semua orang bisa menjalankan profesi ini secara baik.
Jika kita lihat secara umum, maka perhitungan gaji dari digital marketing ini akan dipengaruhi oleh besarnya perusahaan dan juga daerah tempatnya operasional. Kemudian secara global, bisa diketahui bahwa gaji seorang digital marketing bisa mencapai angka hingga Rp 5,5 juta setiap bulan.
Nah agar kamu tidak semakin penasaran tentang berapa besar gaji digital marketing wilayah DKI, Banten. Maka silahkan kamu simak secara langsung penjelasan mengenai perkiraan atau kalkulasi gaji digital marketing secara lengkap berikut ini!
- Fresh graduate tanpa pengalaman dihitung dengan kalkulasi 1 hingga 1,5 x UMP.
- Sudah memiliki pengalaman 2 hingga 3 tahun, dihitung dengan kalkulasi 2 hingga 2,5 x UMP.
- Posisi supervisor pengalaman hingga 5 tahun, dihitung dengan kalkulasi 3,5 x UMP.
- Level manajerial, gaji dihitung dengan kalkulasi 5 x UMP atau lebih tinggi.
- Junior staff dihitung dengan kalkulasi 1,2 x UMR pengalaman kurang 1 tahun.
- Senior staff dihitung dengan kalkulasi 1,5 hingga 2 x UMR untuk pengalaman lebih 2 tahun.
- Senior Supervisor dihitung dengan kalkulasi 2,2 hingga 3 x UMR untuk pengalaman 3 sampai 5 tahun.
- Manager dihitung dengan kalkulasi 3 hingga 5 x UMR untuk pengalaman 5 tahun atau lebih.
Atau bisa kita buat menjadi lebih spesifikasi lagi mengenai berapa gaji digital marketing wilayah DKI, Banten. Dengan kualifikasi profesional digital marketing, bisa kamu simak dari daftar yang sudah kami bagikan dibawah ini!
- IDR 12.000.000 sampai IDR 18.000.000, untuk posisi Digital Marketing Manager.
- IDR 6.000.000 sampai IDR 10.000.000, untuk posisi Digital Marketing Specialist.
- IDR 5.000.000 sampai IDR 8.000.000, untuk posisi Digital Marketing Staff.
Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa memahami bagaimana cara menghitung masing-masing gaji digital marketing wilayah DKI, Banten? Jika belum paham, maka kamu bisa melihat daftarnya pada kolom spesifikasi gaji digital marketing yang kami bagikan pada laman bawah!
Daftar Gaji Digital Marketing Wilayah DKI, Banten dan Lainnya
Selain sudah menjelaskan bagaimana cara menghitung gaji digital marketing wilayah DKI, Banten seperti pada penjelasan diatas. Kami juga sudah menyertakan perhitungan rinci dari jumah gaji digital marketing sesuai dengan wilayah atau kota tempat kerjanya masing-masing.
Gaji digital marketing sesuai wilayahnya adalah:
No | Wilayah Kerja | Jumlah Gaji | Akumulasi |
01 | Jakarta | Rp 5.732.211 | Per bulan |
02 | Banten | Rp 2.991.293 | Per bulan |
03 | Jawa | Rp 5.064.962 | Per bulan |
04 | Denpasar | Rp 6.040.461 | Per bulan |
05 | Bekasi | Rp 5.827.952 | Per bulan |
06 | Badung | Rp 4.611.999 | Per bulan |
07 | Kuta | Rp 3.893.442 | Per bulan |
08 | Bandung II | Rp 3.799.084 | Per bulan |
09 | Surabaya | Rp 3.778.930 | Per bulan |
10 | Yogyakarta | Rp 3.635.303 | Per bulan |
Nah, dari daftar gaji pada tabel diatas, jelas kamu sudah mengetahui berapa nominal dari gaji digital marketing wilayah DKI, Banten dan wilayah lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa besaran gaji profesional digital marketing yang serupa untuk wilayah Jakarta.
Coba perhatikan tabelnya dibawah ini!
No | Jenis Pekerjaan | Jumlah Gaji | Akumulasi |
01 | Social Media Staff | Rp 4.428.568 | Per bulan |
02 | Social Media Manager | Rp 10.102.983 | Per bulan |
03 | Content Marketer | Rp 5.152.419 | Per bulan |
04 | Staf Marketing Online | Rp 4.706.021 | Per bulan |
05 | Manager Marketing | Rp 5.646.228 | Per bulan |
06 | Content Writer | Rp 3.983.277 | Per bulan |
Dari semua penjelasan diatas yang sudah kami jabarkan secara rinci, kemudian kita bisa melanjutkan diskusi ini pada tahap berikutnya yang juga tidak kalah penting. Dimana ini akan bagus untuk kamu yang satu ini sedang mencari pengalam sebelum memutuskan untuk menjadi seorang digital marketing.
Fakta Menarik Bekerja Sebagai Digital Marketing
Setelah kamu mengetahui berapa besaran gaji digital marketing wilayah DKI, Banten dan sekitarnya pada kolom atas. Maka kamu juga harus mengetahui apa saja fakta menarik jika kamu berminat untuk bekerja sebagai seorang digital marketing pada perusahaan tertentu.
Beberapa fakta ini yang umumnya menjadi alasan dasar seseorang lebih memilih untuk bekerja sebagai digital marketing tersebut. Agar kamu tidak semakin penasaran, maka silahkan simak ulasannya secara lengkap kali ini.
- Career Development
Career Development menjadi acuan yang juga berpengaruh pada seseorang mengapa memilih untuk bekerja sebagai digital marketing. Hal ini juga tidak lepas dari pengaruh jenjang karir yang luas dan juga berbagai penyematan trik menarik yang bisa dilakukan.
Selain itu, cakupan dari pekerjaan sebagai seorang digital marketing ini sangat luas dan kamu bisa menentukan ingin diposisi yang mana. Seperti beberapa posisi penting SEM, SEO, Website Development, Sosial Media, UI/ UX, Ads Specialist, dan masih banyak lagi yang lainnya.
- Demand
Fakta menarik berikutnya yang bisa kamu lihat saat bekerja menjadi seorang digital marketing adalah demand. Hal ini juga dipengaruhi oleh aspek umum seperti penerapan ads minimum, flyer konvensional, produk FMCG, dan lain-lain yang memang harus diperhatikan dan ditingkatkan.
Semua hal diatas, memang tidak lepas dari demand atau tuntutan yang sangat tinggi dan kamu bisa memanfaatkannya dengan baik. Dimana kamu harus bekerja penuh tantangan yang bisa meningkatkan karir kamu apalagi untuk posisi digital marketing yang memang cakupannya luas.
- Passion
Terakhir ada passion yang juga bisa menentukan kamu ingin bekerja sebagai seorang digital marketing atau tidak sama sekali. Artinya ini merupakan pengaruh yang tidak bisa kamu anggap sepele, dan ini merupakan hal penting dalam menentukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan.
Ini berkaitan dengan semangat kerja dan gairah untuk menyelesaikan setiap pekerjaan sebagai seorang digital marketing tersebut. Karena umumnya, jika kamu tidak bekerja sesuai dengan passion kamu, maka bisa jadi pekerjaan kamu menjadi tidak maksimal.
Beberapa Jenis Tool Digital Marketing Gratis
Selanjutnya kami juga akan membagikan beberapa jenis tool atau alat yang berkaitan dengan pekerjaan seorang digital marketing. Beberapa alat yang kami jelaskan kali ini adalah jenis yang secara umum sering dipakai para digital marketing profesional.
Seperti beberapa diantaranya adalah:
- Keyword IO,
- Copyscape,
- Hello Bar,
- Getsitekit,
- Mailchimp,
- Ahrefs Master Web,
- Hotjar,
- Buffer,
- Ubersuggest,
- Google Trends,
- Google Alerts,
- Google Data Studio,
- Google Search Console,
- Google Analytics,
- Google Tag Manager,
- Google Keyword Planner,
- Bing Webmaster,
- Screaming Frog,
- Wappalyzer, dan
- Alexa Toolbar.
Kamu bisa dengan mudah mengakses beberapa alat tersebut diatas melalui laman pencarian browser kamu. Bahkan kamu juga bisa menginstal langsung beberapa alat diatas kedalam perangkat yang kamu pakai untuk bekerja sebagai digital marketing.
Jenis Portofolio Untuk Melamar Digital Marketing
Berikutnya, untuk kamu yang ingin memiliki pekerjaan sebagai seorang digital marketing strategist, maka mesti menyiapkan beberapa portofolio untuk diperlihatkan.
Caranya mudah, ikuti petunjuknya dibawah ini!
- Pertama silahkan kamu buat terlebih dahulu sebuah Website atau Blog.
- Kemudian kamu bisa menentukan jenisnya ingin menggunakan apa.
- Pilihannya seperti Squarespace, WordPress, Wix, dan juga Showit.
- Lalu silahkan kamu pajang semua portofolio kamu pada Website atau Blog yang kamu buat tadi.
- Proses selesai.
Nah, bagi kamu yang memang masih belum berpengalaman, maka kamu bisa bergabung terlebih dahulu pada komunitas terkait seperti “Sekolah Bisnis 1 Milyar” atau kerap disebut SB1M. Dengan demikian kamu akan mendapatkan banyak manfaat terkait dengan dunia digital marketing.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, diskusi kali ini memang membahas secara lengkap tentang gaji digital marketing wilayah DKI, Banten dan wilayah lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menyimak apa yang harus dilakukan jika kamu berminat menjalani profesi ini sebagai pekerjaan tetap kamu. Semoga bermanfaat!
Artikel Lainnya :